Android Cool Apps

All About Android Applications

Wasiat Microsoft Untuk Pengguna yang enggan tinggalkan Windows XP

Windows XP 8 April meninggal dunia
Silsilah Keluarga Windows XP
Wasiat Microsoft Untuk Pengguna yang enggan tinggalkan Windows XPProduk Microsoft paling laris sepanjang sejarah Windows XP Akhirnya pensiun, Microsoft harus menghentikan dukungannya kepada sistem operasi Windows XP. Banyak pengamat yang memprediksi setelah dukungan tersebut selesai, semakin banyak malware yang menyerang pengguna.

Lalu bagaimana caranya untuk mempertahankan menggunakan Windows XP setelah Microsoft mengakhiri masa hidupnya ? Berikut ini adalah tips yang bisa pengguna lakukan 

Perusahan software terkaya ini mengakhiri dukungannya kepada Windows XP pada 8 April mendatang. Setelah masa tenggang berakhir  sudah tidak ada lagi security update atau tambalan sistem terhadap lubang keamanan yang muncul di sebabkan malware. meskipun begitu , ternyata banyak pengguna yang berpikir bahwa Windows XP sudah cukup bagi mereka dan kurang minat mengupgrade ke versi baru.

Setelah Berakhir dukungannya  microsoft terhadap XP tak akan memberikan banyak perubahan yang signifikan pada awalnya. Instalasi windows XP milik pengguna tidak akan hilang atau berhenti bekerja. Pengguna juga tidak akan kehilangan fitur-fiturnya. Bahkan, dukungan teknis juga masih mudah untuk didapat.

Banyak Refrensi bagaimana cara oprek  Windows XP di mesin pencari, dan literatur tersebut masih bisa mudah didapat.

Apapun yang terjadi dengan berhentinya security update memliki kesempatan baru bagi para penyebar malware. sistem operasi Windows XP akan menjadi sasaran empuk karena selain tak lagi mendapat dukungan Microsoft, penggunanya juga masih cukup banyak.

Untuk menjaga hal-hal yang tak di inginkan terjadi pengguna bisa mengunduh dan meng-install antivirus gratisseperti Avast atau Avira. Selain itu, install semua update terbaru Windows yang belum sempat Anda pasang di perangkat anda sebelum windows XP Wafat..

Selain sistem operasinya, bagi pengguna juga perlu memperbarui aplikasi-aplikasi yang masih digunakan, seperti browser dengan plugin-nya, seperti Java. 

di pastikan juga data-data penting dalam komputer memiliki backup. Software penyimpan data cadangan, seperti Crashplan atau Cobian bisa digunakan untuk tujuan ini.

Menimbun driver dan software

Dampak dari berhentikannya dukungan Microsoft terhadap Windows XP secara perlahan tapi pasti juga membuat vendor software lain meninggalkan sistem operasi tersebut. maksudnya, driver-driver dan software baru yang dibutuhkan XP tak lagi akan dirilis lagi.

Software driver yang kompatibel dengan OS Windows XP perlahan juga bakal langka di dapatkan . Software driver ini sangat di butuhkan apabila ada file yang korup atau Anda ingin menginstal ulang Windows XP.

Maka dari itu, mulai detik ini cari dan simpanlah driver-driver tersebut. Kumpulkan driver software yang dibutuhkan oleh motherboard, VGA, sound card, printer, monitor dan semua hardware yang masih Anda gunakan. Simpan di tempat yang aman dan kalau perlu juga buat backup datanya.

Hal serupa juga berlaku untuk software-software penting lainnya, speerti software disk management, performance tweaks, dan lainnya yang di angkap penting untuk penjaga keamanan perangkat.

Buatlah  software recovery

OS Windows XP di lengkapi sebuah disk recovery. Disk ini berguna bila sewaktu-waktu sistem operasi mengalami masalah atau hang akan tetapi tak ingin menginstal ulang sistem operasi dari awal/nol.

Bila  CD tersebut hilang, pengguna masih mampu membuat disk baru dari software recovery yang dimiliki sistem. Tapi Microsoft tidak menyertakan tool natif untuk membuat recovery CD dalam XP. sebab biasanya CD tersebut disertakan oleh vendor PC desktop atau notebook.

Cara lain, gunakan software backup utility untuk membuat file image semua drive dalam sistem pengguna. Software seperti Acronis True Image bisa di pakai untuk membuat cadangan data serta sistem operasi dan semua settingan yang digunakan.

Bergabung dengan forum yang membahas tentang windwos XP dan versi terbaru.

Hingga saat ini pengguna OS Windows XP masih lumayan banyak, beberapa dari mereka berkelompok dan tergabung dalam forum-forum online yang membahas masalah atau berita  tentang Windows XP dan microsoft. manfaat bergabung dengan forum tersebut, pengguna bisa berdiskusi dan mencari informasi troubleshooting.

forum Windows XP yang populer antara lain Windows Forum, XPforums.com, dan WindowsBBS.

Apapun dan dengan berbagai tips tips di atas tetap pengguna tidak bisa selamanya mempertahankan  Windows XP. mungkin nanti pengguna harus melakukan upgrade atau mengganti hardware baru yang mungkin sudah tidak lagi mendukung XP atau lebih dekatnya pindah ke Windows 7 ,8.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wasiat Microsoft Untuk Pengguna yang enggan tinggalkan Windows XP"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By Kuncidunia