Android Cool Apps

All About Android Applications

7 Trik Mengatasi smartphone yang Sering Lemot


Berkat kemajuan teknologi, saat ini semakin banyak bertebaran ponsel pintar atau yang sering disebut sebagai smartphone. Banyak para konsumen yang sangat tergila-gila dengan kecanggihan yang dimiliki oleh smartphone saat ini. Meskipun sudah cukup canggih, namun para pengguna smartphone pasti pernah merasakan yang namanya ponsel nge-lag atau lemot. Biasanya, para konsumen akan langsung me-restrat ponsel mereka untuk mengatasi masalah tersebut.

Ponsel yang lemot atau nge-lag pasti tidak akan terasa saat awal pembelian. Namun lambat laun hal itu pasti akan terasa. Hal ini pun terbilang wajar, karena semakin lama ponsel digunakan, maka akan semakin banyak cache yang tersimpan di dalam ponsel. Cache inilah yang menjadi salah satu penyebab semakin melambatnya performa ponsel. Selain itu, spesifikasi smartphone juga akan sangat memengaruhi performa dalam beberapa bulan kedepan. Karena ponsel yang memiliki spesifikasi tinggi cenderung jarang nge-lag atau lemot.
Tapi bagaimana bagi kamu yang hanya memiliki smartphone dengan spesifikasi terbatas? Tenang tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan dibahas 7 trik cerdas mengatas ponsel yang sering nge-lag atau lemot.
Inilah 7 Trik Atasi Hp Lemot

Jangan Menggunakan Aplikasi Secara Bersamaan

Multitasking memang akan memudahkan para pengguna untuk berpindah dari aplikasi satu ke yang lainnya. Namun hal ini justru akan membuat kinerja smartphone semakin lemot. Karena saat multitasking kinerja prosesor atau otak dari ponsel akan semakin berat. Oleh sebab itu, kamu bisa mengakalinya dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

Nonaktifkan Notifikasi dari Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Adanya notifikasi dari aplikasi memang akan memudahkan kamu untuk mengetahui berbagai hal terbaru yang berkaitan dengan aplikasi itu sendiri. Tapi hal itu juga akan memakan kinerja prosesor dari smartphone, terlebih jika kamu mengaktifkan semua notifikasi dari aplikasi yang ada di ponselmu. Agar smartphone tidak lemot, cobalah untuk memilih beberapa aplikasi yang memang harus kamu aktifkan notifikasinya.
Hapus Cache Secara Berkala.

Dalam menjalankan aplikasi terkadang akan meninggalkan cache atau data sampah. Cache sendiri sama seperti history pada browser. Yang namanya sampah tentu harus dibuang dan dibersihkan. Karena jika tidak, maka cache yang semakin menumpuk akan memperberat kinerja dari smartphone milikmu.

Hapus Chat yang Sudah Tidak Penting

Banyak para pengguna smartphone yang tak mengindahkan banyaknya chat yang menumpuk di dalam inbox atau aplikasi messanger mereka. Padahal hal itu tanpa sadar justru akan membuat kinerja ponsel semakin lemot, karena chat juga memerlukan ruang di memori internal. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menghapus chat yang memang sudah tidak diperlukan, terlebih chat dari mantan.
Hindari Penggunaan Live Wallpaper
Banyak para pengguna smartphone yang menggunakan live wallpaper untuk mempercantik tampilan ponsel mereka. Memang keren, namun live wallpaper tanpa disadari akan semakin memperberat kinerja dari prosesor. Oleh sebab itu, lebih baik jangan menggunakan live wallpaper. Kamu pun bisa mempercantik ponselmu dengan hanya menggunakan wallpaper, asalkan kamu bisa memilih wallpaper keren yang saat ini banyak bertebaran di internet.

Jangan Terbiasa Menggunakan Auto Brightness

Auto brightness adalah alat pada smartphone yang digunakan untuk mengetahui dan mengatur intensitas cahaya yang diterima oleh ponsel. Kelebihannya, smartphone milikmu bisa menyesuaikan keadaan cahaya dengan automatis. Namun auto brightness akan membuat ponselmu semakin lemot, selain itu daya ponselmu juga menjadi lebih cepat habis.

Kosongkan Memori Internal

Minimnya ruang penyimpanan di memori internal juga bisa memengaruhi kinerja dari smartphone. Idealnya, untuk menunjang performa smartphone paling tidak kamu harus mengosongkan sekitar 20 persen dari kapasitas memori internal. Caranya, kamu bisa memindahkan file-file dengan ukuran besar ke memori eksternal atau juga bisa menghapus foto yang tersimpan di memori internal.

Itulah 7 tips mengatasi smartphone yang lemot dan sering nge-lag. Setelah membaca ulasan di atas, diharapkan kamu bisa semakin bijak dalam menggunakan smartphone dan menjaga keoptimalannya agar tidak sering nge-lag. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "7 Trik Mengatasi smartphone yang Sering Lemot"

The Borgata to open hotel, casino, spa, live dealer - DRMCD
› borgata › borgata › borgata › borgata › borgata › 포항 출장마사지 borgata › borgata › 경상북도 출장안마 borgata › borgata › borgata › borgata 안동 출장마사지 › borgata › borgata 김해 출장마사지 › borgata › borgata › borgata › borgata. 성남 출장샵

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By Kuncidunia